RSS

Visi Misi Calon Guru

Tasban masih dibalut dengan perasaan tentang visi misi yang disampaikan sahabatnya Koncer beberapa hari yang lalu. Kenapa ia harus memikirkan visi dan misi? Apa pula pentingnya visi misi? Apa itu visi misi dan bla...bla...bla... sejumlah pertanyaan terus saja menggelayut diantara sela-sela neuron sel-sel otaknya.
Seperti adat dan kebiasaan jurusan, selalu saja ada pesta kecil-kecilan untuk perpisahan selepas wisuda. Tasban, Koncer dan teman-teman satu jurusan diangkatannya yang lulus bersama pun mengadakan pesta tersebut. Di sana mereka berkumpul dan bercakap yang mungkin menjadi pertemuan terakhir sebelum masing-masing beranjak menentukan nasibnya sendiri di medan laga kehidupan.
"Sur, Surtini" Sapa Tasban kepada Surtini cewek satu angkatannya yang dulu pernah ia terima cintanya tetapi akhirnya kandas karena Surtini menolak.
"Ada apa Ban, mau nembak aku lagi? Sudah aku katakan seribu kali dan sekarang aku tambah satu kali jadi total seribu satu kali jika aku nggak sudi kamu tembak" Jawab Surti ketus.
"Sik...sik...ngko ndisik tho Sur, kamu jangan berprasangka buruk seperti itu. Aku hanya mau tanya sama kamu masalah yang lain kok"
"Gini Sur, kamu setelah ini rencanya mau kemana? Maksudku kamu mau nglamar kerja dimana?"Lanjut Tasban
"Idealnya tuh kita lulusan jurusan kependidikan ya ngajar tho, Ban. Kamu tahu khan kalau aku itu suka yang ideal"Jawab Surtini
"Oooo...begitu"Kata Tasban sambil melengos pergi karena suasana sudah tidak kondusif untuk melanjutkan tanya jawab dengan Surtini
"Baiklah teman-teman, kini tiba saatnya kita dengarkan sambutan lulusan terbaik sekaligus komting kita....Taaasssssbaaaannnnn!" Seru eMsi acara dilanjutkan dengan suara gemuruh tepuk tangan dari para wisudawan dan juga sorak huuu...dibarisan belakang, siapa lagi kalau bukan gerombolannya Tasban cs.
Tasban berdiri dan berjalan menuju meja terdepan di gazebo pemancingan yang dipesan oleh jurusan.
"Teman-teman sebagai lulusan kependidikan kita harus punya visi dan misi. Menurut seseorang yang saya kenal baik jiwa dan raga bahwa idealnya kita itu harus jadi guru. Jadi apa visi dan misi kalian nanti saat menjadi guru? Kenapa kalian memilih profesi sebagai guru haru kita pikirkan dan jawab sekarang!Kata Tasban berapi-api sambil menunjuk satu persatu kawan-kawannya untuk menjawab pertanyaannya.
"Banyak peluang PNS"
"Bisa dapat tunjangan sertifikasi"
"Banyak liburnya"
"He-e bener, bisa ikut libur bareng murid"
"Kerjanya santai, nggak perlu ngotot"
"Terpaksa, nggak ada kerjaan lain"
"Sudah takdir"
Tasban hanya geleng-geleng kepala sambil menepuk jidat klimisnya mendengar jawaban teman-temannya.
"kluk..kluk...kluk...kluk" Suara SMS dari HP Tasban berbunyi. Tasban membuka pesan singkat tersebut sementara kawan-kawannya masih saja menyebutkan alasan dan visi misi serupa dengan lainnya.

Yah, begitulah Ban. Alasan kebanyakan anak muda sekarang jadi guru.Kecuali aku...hehehe...
2003/10/15  11:00
Dari:
Koncer Moncer 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar