RSS

Ijazah Oh Ijazah

Tasban dan Koncer akhirnya diterima di salah satu sekolah swasta di kota Semarang. Mereka berdua kini tinggal menandatangani kontrak kerja karena memang status mereka sebagai guru kontrak. Sejak pemerintah menerapkan guru kontrak di sekolah-sekolah negeri, yayasan pendidikan tempat mereka bekerja juga ikut-ikutan latah dengan sistem kontrak. Mereka berdua pagi itu harus menghadap kepala bagian personalia untuk membicarakan segala hal berkenaan dengan kontrak kerja.

"Saudara Tasban, selamat kepada Anda karena telah menjadi satu yang terbaik menurut kami dari sekian ratuis pelamar. Tak mudah masuk ke sini bukan? Oleh karena itu berbanggalah Anda telah menjadi pemenang,"kata pria yang bertubuh tambun. Ia adalah kepala bagian personalia yayasan tempat Tasban dan Koncer mau bekerja.

"Terimakasih Pak. Saya hanya berikhiar saja. Jika memang saya diterima di sini itu tak lain karena pertolongan Allah jua. Allah pasti punya rencana dengan meloloskan saya masuk ke institusi ini,"jawab Tasban.

"Baiklah saudara-saudara, sebagai pegawai di yayasan ini, Saudara harus menaati aturan yang berlaku"kata pria tersebut

"Salah satu aturan yang ada yakni, ijazah saudara harus dititipkan kepada kami sebagai bukti loyalitas saudara"lanjut pria tersebut.

"Maaf,Pak. apa hubungannya ijazah dengan loyalitas?"tanya Tasban heran.

"Ya, agar kami mendapat jaminan bahwa Anda tidak mendaftar PNS atau nyabang bekerja di tempat lain"jawab kabag personalia. Tasban hanya geleng-geleng kepala mendengar jawaban lugas nan tuntas tetapi baginya nggak logis. Koncer hanya senyam-senyum melihat polah sahabatnya.

20 menit berada di ruang kabag personalia Tasban dan Koncer pun undur diri. Tasban saat itu belum memberikan ijazahnya karena surat perjanjian kontrak kerjanya pun belun ada tandatangan resmi dari ketua yayasan. Kesepakatanpun diputuskan oleh kedua belah pihak. Tasban akan mengumpulkan ijazah bilamana surat perjanjian kontrak kerja tersebut telah dibubuhi tanda tangan dan cap resmi yayasan.

"Aneh Kon, aku nggak habis pikir, apa hubungan menitipkan ijazah dengan loyalitas kepada sekolah ya? Tokh kita ini kan guru kontrak yang telah diikat dalam perjanjian masa kerja dalam surat itu" kata Tasban pada Koncer di sebuah warung makan.

"Jelas ada hubungannya dong Ban. Lha kalau untuk mendaftar PNS itu khan harus ada fotocopy  ijazah resmi khan? Nah, jika mau legalisir ijazah itu khan harus menunjukkan ijazah asli tho?"Jawabn Koncer

"Aneh Kon. Masak sih mereka nggak percaya sama kita, makhluk manis ciptaan Tuhan yang patut dilestarikan"

"Ya...lain lubuk lain ikannya. Lain ladang lain belalang, lain pula aturannya, Ban. Kadang aku juga berpikir bahwa setiap warga negara berhak memperoleh penghidupan yang layak. artinya setiap warga negara berhak untuk bekerja dimanapun dan kapanpun ia menghendaki.Aku juga belum tahu kenapa ada yayasan yang khawatir jika gurunya mendaftar PNS atau mengajar di tempat lain. Kita manut dulu saja Ban. Kita lihat perkembangannya nanti" tegas Koncer diplomatis

"Ya, semoga saja Kon. Kita lihat nanti apakah gajinya sesuai dengan tuntutannya atau tidak"

"Lha...mulai kehilangan visi misi utama nih. Dasar Tasban!!"

"hahahahahaha...." Perbincangan itu diakhiri dengan gelak tawa mereka berdua.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar